Sat. Nov 26th, 2022

Inovasi

(1) SI MANTAP
(VERIFIKASI DAN VALIDASI MELALUI PEMANFAATAN
DATA AGAR SESUAI DAN TEPAT SASARAN)

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil melakukan pelayanan inovasi “ Si Mantap “ (Verifikasi dan validasi melalui Pemanfaatan Data agar sesuai dan tepat sasaran) dimana lembaga pengguna/Organisasi Perangkat Daerah bisa mengakses data kependudukan secara terbatas dengan cara verifikasi dan validasi data melalui pemanfaatan data pencarian Nomor Induk Kependudukan dengan mekanisme sistem metode web service dan web portal terkoneksi Data Warehose (DWH) terpusat yang sudah disediakan oleh Direktorat Dukcapil Kemendagri RI, sehingga data yang digunakan atau diberikan akurat, valid dan tepat sasaran dalam memberikan berbagai layanan kepada masyarakat dengan memperhatikan aspek kerahasiaan data yang dilandasi dengan Perjanjian Kerja Sama.

Inovasi ini dapat memberikan kecepatan, ketepatan dan keamanan layanan kepada masyarakat yang dapat digunakan oleh OPD dalam hal pemadanan data dan pemberian bantuan pemerintah kepada masyarakat dan keperluan lainnya sesuai dan tepat sasaran melalui verifikasi dan validasi Data.

Pelayanan ini bertujuan guna mendukung dan meningkatkan pelayanan publik dimana Organisasi Perangkat Daerah dengan mudah bisa mengakses sendiri data kependudukan secara terbatas dengan cara verifikasi dan validasi data melalui pemanfaatan data yaitu dengan pencarian NIK dengan sistem metode web service dan web portal terkoneksi. Data Warehouse terpusat yang sudah disediakan oleh Direktorat Dukcapil Kemendagri RI sehingga data yang digunakan atau diberikan akurat, valid dan tepat sasaran dalam memberikan berbagai layanan kepada masyarakat dengan memperhatikan aspek kerahasiaan data yang dilandasi dengan Perjanjian Kerja Sama dan syarat-syarat lainnya sesuai dengan peraturan yang berlaku.

(2) PELAYANAN SAGARURUNG KELI SALAI
( SIAGA URUSAN PENTING KEPENDUDUKAN MELALUI APLIKASI SAMPAI SELESAI )

Pelayanan Inovasi “ Sagarurung Keli Salai “ (Siaga Urusan Penting Kependudukan melalui Aplikasi sampai Selesai) bekerjasama dengan Lintas Sektoral sehingga memudahkan masyarakat untuk mendapatakn dokumen kependudukan. Inovasi ini berupa Pelayanan 3 In 1, 6 in 1 dan 7 in 1 yang mana masyarakat hanya mengajukan 1 dokumen kependudukan langsung mendapatkan 3 atau lebih Dokumen sekaligus misalnya Akta Kelahiran mendapatkan KK, Akta Kelahiran dan KIA, Akta Kematian mendapatkan KK,Akta Kematian dan KTP karena perubahan Status, Akta Perkawinan mendapatkan KK kedua orang tua, KK pasangan, Akta Perkawinan suami dan istri dan KTP pasangan karena perubahan Status melalui aplikasi yang sederhana yaitu melalui grup Whatsapp dan dikembangkan lagi dengan Sistem Informasi Pelayanan Publik melalui website Dukcapil Pali sehingga masyarakat bisa mengajukan permohonan Dokumen Kependudukan dengan mudah melalui Whatsapp dan Website Dukcapil.

novasi ini menggunakan sistem yang sederhana, mitra kerja dan masyarakat hanya mengapload berkas yang akan diajukan ke Grup Whatsapp dan website Dukcapil, operator Dinas akan memverifikasi berkas dan diproses. Dengan dibantu stake holder terkait melalui sistem Aplikasi Group WhatsApp pelaksanaan integrasi penerbitan Dokumen Kependudukan dapat terlaksana dengan baik dan cepat. Begitupun dengan sistem aplikasi website Dukcapil, masyarakat dapat mengajukan langsung semua permohonan Dokumen Kependudukan dan bisa langsung dicetak sendiri oleh masyarakat atau bisa dibantu di kantor, dikirim melalui Pos atau petugas dukcapil yang ada dikecamatan sehingga semua masyarakatt dapat mudah memiliki Dokumen Kependudukan, masyarakat tidak perlu berulang-ulang mengajukan permohonan dengan mengajukan 1 (satu) permohonan mendapatkan 3 (tiga) atau lebih Dokumen Kependudukan sekaligus.

Inovasi ini tercetus karena tingkat kesadaran penduduk dalam administrasi kependudukan masih kurang dan untuk mengatasi permasalahan jarak dalam mengurus dokumen kependudukan sehingga Disdukcapil Mengeluarkan Program layanan yang sangat mudah, masyarakat tidak perlu datang ke kantor untuk mengurus dokumen sehingga dapat memangkas birokrasi dan pencaloan.

(3) GEMILANG PALI (GERAKAN PENERBITAN AKTA KEMATIAN LANGSUNG DI KABUPATEN PALI)

Pelayanan Inovasi “Gemilang PALI” (Gerakan Penerbitan Akta Kematian Langsung di kabupaten PALI) dimana pelayanan ini bekerjasama dengan lintas Sektoral yaitu Dinas Kesehatan, RSUD Talang Ubi, Ikatan Bidan Indonesia (IBI), BPBD, Perangkat Kecamatan, Desa/Kelurahan dan PT. POS Indonesia dalam hal percepatan peningkatan kualitas pelayanan khususnya penerbitan Akta Kematian dengan cara melakukan pelayanan jemput bola ke Desa/Kelurahan, melakukan pendataan/inventarisir terhadap penduduk yang telah meninggal dunia namun belum memiliki Akta Kematian guna diterbitkan Akta Kematiannya, mengaktifkan pencatatan Buku Pokok Pemakaman di setiap Desa/Kelurahan dan juga melalui Grup Whatsapp Mitra Kerja. Adapun tujuannya untuk memberikan pemenuhan hak penduduk di bidang Pencatatan Sipil dan memudahkan masyarakat dalam kepengurusan dan kepemilikan Dokumen Kependudukan.

Dengan adanya inovasi ini dapat memberikan manfaat langsung dalam Pemenuhan Hak sipil penduduk dan memudahkan dalam kepengurusan, kepemilikan Akta Kematian yang digunakan untuk keperluan seperti mengurus penetapan ahli waris, klaim asuransi, mencegah data disalahgunakan, persyaratan lain dan memastikan keakuratan data penduduk. Inovasi ini dapat membantu tata kelola pemerintahan dalam hal administrasi kependudukan sehingga menyediakan akses kepada masyarakat dalam pembuatan dokumen peristiwa kematian melalui pelaporan di grup Whatshap dan Website Dukcapil.

(4) TERKESIMA ( TERBITKAN AKTA KELAHIRAN UNTUK SEMUA )

Inovasi “TERKESIMA” (Terbitkan Akta Kelahiran untuk Semua) merupakan pelayanan melalui sistem stelsel aktif dengan cara melakukan jemput bola dengan menyisir secara intensif penduduk ke Sekolah, Desa/Kelurahan dan pemutakhiran data melalui Rumah Sahabat #Gisa khususnya bagi penduduk di semua umur baik bayi, anak, dewasa/orang tua yang belum memiliki akta kelahiran melalui pengajuan ditempat/langsung maupun secara online (Whatsapp dan Website) tanpa perlakuan diskriminatif untuk diterbitkan Dokumen Kependudukannya yang nantinya dapat digunakan masyarakat untuk berbagai keperluan sehingga dapat memberikan pemenuhan hak sipil penduduk dan memberikan kemudahan masyarakat akan kepengurusan dan kepemilikan dokumen kependudukan.

Pelayanan Inovasi “TERKESIMA” (Terbitkan Akta Kelahiran untuk Semua) ini juga dapat memberikan pemahaman dan kesadaran yang tinggi kepada masyarakat, bahwa Akta Kelahiran bukan hanya untuk anak usia 0-17 Tahun melainkan semua usia. Manfaat dari Akta Kelahiran selain sebagai wujud pengakuan Negara mengenai status individu, status perdata dan status kewarganegaraan seseorang, bagi penduduk diatas usia 17 tahun ke atas, kegunaan akta kelahiran untuk pembuatan paspor, ibadah haji, umroh, pembuatan SKCK, masuk Sekolah / Perguruan Tinggi dan lainnya.

(5) RUMAH SAHABAT #GISA (DESA TERTIB ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN)

Inovasi “Rumah Sahabat #GISA” ini merupakan hasil ide / gagasan dari Disdukcapil Penukal Abab Lematang Ilir dalam hal menjawab persoalan yang ada di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir karena untuk memotivasi kesadaran Masyarakat dalam kepemilikan Dokumen Kependudukan sesuai dengan Slogan #GISA (Gerakan Indonesia Sadar Adminduk) sehingga terwujudnya tertib administrasi kependudukan dengan cara kerjasama tim yang baik dengan pihak terkait dalam membangun program inovasi ini dan perbaikan tata kelola administrasi kependudukan lainnya melalui kemudahan dan perbaikan kepada masyarakat guna membahagiakan masyarakat.

Inovasi “Rumah Sahabat #GISA” ini dibentuk di 2 (dua) Desa yaitu Desa Betung Kecamatan Abab dan Desa Pandan Kecamatan Tanah Abang. Pada tahun 2021 Desa Sungai Baung Kecamatan Talang Ubi yang kemudian pada tahun 2022 dilanjutkan ke Desa Raja Kecamatan Tanah Abang sebagai desa Percontohan Desa Tertib Administrasi Kependudukan untuk secara langsung membantu warga masyarakat dalam kepengurusan dan Kelengkapan Dokumen Kependudukan dengan melakukan pelayanan bersama-sama mendatangi door to door ke setiap keluarga, mendata satu persatu anggota keluarga dalam hal kepemilikan Dokumen Kependudukan dan elemen data lainnya seperti data pendidikan, pekerjaan, golongan darah dan kepemilikan buku nikah yang ada di dalam kartu keluarga sehingga semua Elemen Data pada Blanko Kartu Keluarga dapat terisi secara benar, lengkap dan akurat serta disediakannya Rumah Sahabat GISA baik itu di kantor desa maupun di rumah khusus untuk mengajukan dan menerbitkan Dokumen Kependudukan di Desa Tersebut.

(6) KUMIS LELE ( KONSOLIDASI MANUAL SOLUSI DATA YANG TIDAK BERTELE-TELE )

Inovasi Pelayanan “Kumis Lele (Konsolidasi Manual Solusi Data Yang Tidak Bertele-Tele)” bertujuan untuk percepatan pelayanan pengaduan data bagi data masyarakat yang bermasalah seperti NIK tidak aktif, tidak valid dan tidak ditemukan pada saat mengurus keperluan yang menggunakan persyaratan Dokumen Kependudukan khususnya KTP-El dan Kartu Keluarga. Pelayanan pengaduan sangat dibutuhkan masyarakat guna akurasi data secara lansung dan cepat untuk dapat digunakan dalam memproses pelayanan lainnya seperti BPJS, Pajak, Vaksinasi, Registrasi Nomor Telepon dan lainnya.

Pelayanan Inovasi ini merupakan pelayanan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat dalam hal permasalahan data yang belum terupdate dan tervalidasi sehingga dapat dilakukan dengan proses yang cepat tanpa menunggu lama hanya waktu 10-15 menit data langsung online sehingga masyarakat bisa secara cepat menggunakan data untuk keperluannya.

(7) PENDARATAN DARURAT (PENDUDUK RENTAN MENDAPAT DOKUMEN DENGAN DATA YANG AKURAT)

Inovasi “Pendaratan Darurat” (Penduduk Rentan Dapat Dokumen dengan Data yang Akurat) merupakan pelayanan melalui sistem stelsel aktif dengan cara melakukan jemput bola dengan menyisir secara intensif penduduk ke Desa/Kelurahan khususnya penduduk yang rentan administrasi kependudukan baik yang disebabkan oleh bencana alam, musibah kebakaran, termasuk masyarakat disabilitas, lansia yang menderita sakit berat / di RS, Anak – anak yang ada di Panti asuhan dan masyarakat di Lembaga Permasyarakatan serta lainnya yang belum memiliki dokumen kependudukan tanpa perlakuan diskriminatif dengan pelayanan secara langsung ketempat untuk diterbitkan Dokumen Kependudukannya seperti Perekaman KTP-El, KK, KIA, Akta Pencatatan Sipil dan surat keterangan lainnya yang nantinya dapat digunakan masyarakat untuk berbagai keperluan sehingga dapat memberikan pemenuhan hak sipil penduduk dan memberikan kemudahan masyarakat akan kepengurusan dan kepemilikan dokumen kependudukan.
Pelayanan ini juga bekerjasama dengan lintas Sektoral yaitu RSUD Talang Ubi, Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Dinas Sosial, Perangkat Desa/Kelurahan dan Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Muara Enim dalam hal gerakan percepatan peningkatan kualitas pelayanan khususnya Penerbitan Dokumen Kependudukan dan Pencatatan Penduduk Rentan Administrasi Kependudukan untuk terwujudnya Tertib Administrasi Kependudukan dan Data yang didapat Akurat.

(8) KANDA KU RINDU (AKAD NIKAH DAPAT DOKUMEN KEPENDUDUKAN DIANTAR DUKCAPIL)

Inovasi Kanda Ku Rindu bertujuan untuk menerbitkan dokumen kependudukan bagi pasangan yang sudah sah menikah. Pada saat resepsi atau besoknya dokumen kependudukan akan diterbitkan dan diantar langsung oleh petugas Dukcapil atau mitra kerja Dukcapil, dengan dibantu stakeholder terkait melalui sistem pelaksanaan pelayanan terintegrasi. Penerbitan Dokumen Kependudukan dapat terlaksana dengan baik dan cepat sehingga semua masyarakat dapat mudah memiliki Dokumen Kependudukan, masyarakat tidak perlu datang ke kantor serta berulang-ulang mengajukan permohonan dengan mengajukan 1 (satu) permohonan mendapatkan 5 (lima) Dokumen Kependudukan sekaligus.

Inovasi Kanda Ku Rindu mempunyai keunggulan karena merupakan pelayanan dengan sistem stelsel aktif yang bekerjasama dengan Kementrian Agama Penukal Abab Lematang Ilir, dan PT. POS Indonesia guna percepatan peningkatan kualitas pelayanan administrasi kependudukan khususnya bagi pasangan yang baru menikah langsung mendapatkan dokumen kependudukan tanpa harus datang ke Dinas Dukcapil dan tidak harus berulang-ulang mengajukan permohonan sudah langsung mendapatkan pelayanan yang terintegrasi melalui Mitra Kerja Dukcapil yaitu Kementerian Agama dan jajarannya di 5 Kecamatan.

(9) JUKI KE SEKOLAH (JELAJAH URUSAN KEPENDUDUKAN SECARA INTENSIF KE SEKOLAH)

Inovasi JUKI KE SEKOLAH (Jelajah Urusan Kependudukan secara Intensif ke Sekolah) merupakan pelayanan yang dilakukan dengan cara melakukan jemput bola ke sekolah-sekolah yang berada di wilayah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir yang melibatkan Instansi terkait yaitu Dinas Pendidikan dan jajarannya dengan menjelajahi dan menyisir anak-anak disekolah dalam hal kepemilikan dokumen kependudukan tanpa perlakuan diskriminatif untuk terwujudnya pemenuhan hak sipil anak yang nantinya dapat digunakan untuk semua keperluan dalam pelayanan publik seperti mengurus membuat tabungan di Bank, masuk sekolah, melanjutkan kuliah, melamar pekerjaan, persyaratan di bidang kesehatan dan keperluan lainnya.

Inovasi ini juga memberikan manfaat langsung dalam pemenuhan hak sipil anak dan memberikan perlindungan hukum dan pengakuan terhadap penentuan status pribadi setiap peristiwa penting yang dialami penduduk sehingga dapat mempermudah para pelajar / anak untuk mendapatkan Dokumen Kependudukan berupa KTP-el bagi yang wajib KTP, Akta Kelahiran dan Kartu Identitas Anak dan tidak perlu ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Pelayanan ini semula hanya dilakukan ke sekolah yang berada di wilayah yang terjangkau saja dan Dokumen masih dicetak di kantor. Seiring berjalannya waktu pelayanan ini lebih inovatif dan kreatif karena merupakan sistem stelsel aktif dengan melibatkan Instansi terkait yaitu Dinas Pendidikan dan jajarannya dengan menjelajahi dan menyisir anak-anak di Sekolah dalam hal Administrasi Kependudukan tanpa perlakuan diskriminatif.